Sunday, June 21, 2015

Aloe Vera Center

Address : Jln. Budi Utomo No. 29 Siantan Hulu, Pontianak

Aloe Vera Center – Aloe Vera atau yang lebih dikenal dengan nama Lidah Buaya, bukankah nama itu sangat familiar ditelinga kita? Mungkinkah akan terdengar seperti sebuah tempat yang berupa pusat perawatan kecantikan yang semua bahannya terbuat dari tanaman lidah buaya alami? Kalau yang seperti itu sudah biasa, di sini di kota Pontianak ini anda akan menemukan suatu tempat yang luar biasa, kenapa? Hal ini dikarenakan di kota Pontianak ini terdapat suatu tempat pembudidayaan tanaman Lidah buaya yang sangat besar, tidak hanya lahannya saja yang besar, tanaman Lidah buaya atau Aloe Veranya sendiri sangat besar-besar, tidak seperti tanaman Lidah buaya yang sering anda temui di rumah-rumah penduduk. Nah, bayangkan kalau tanamannya saja sudah 2 kali lipat dari tanaman lidah buaya biasa, tentu saja kandungan nutrisinya juga lebih banyak.

Lokasi dan Akomodasi

Kawasan agro wisata yang dikenal dengan nama Aloe Vera Center ini tidak terlalu jauh dari Pusat kota Pontianak, tepatnya di Jalan Budi Utomo, Siantan Hulu, Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), lokasinya juga hanya berjarak kurang lebih sekitar 8,5 kilo meter dari pusat kota Pontianak. Untuk menuju ke lokasi Aloe Vera Center ini, anda bisa menggunakan transportasi apa saja yang anda inginkan.

Jika anda ingin menggunakan kendaraan pribadi anda, tentu anda bisa menggunakannya, karena lokasinya berada di pinggir jalan raya, akan tetapi jika anda lebih suka untuk menggunakan kendaraan umum, maka anda tidak perlu khawatir, karena dikota Pontianak ini tersedia Trayek angkutan kota (angkot) yang siap mengantar anda sesuai dengan tujuan anda, yang pasti juga sesuai rute mereka. 

Jika anda menggunakan kendaraan sendiri, jika di ambil titik start awal dari pusat kota Pontianak, yaitu dari terminal Kapuas di sekitaran jalan Tanjung Pura, jika sudah bertemu dengan persimpangan jalan veteran dan jalan perintis kemerdekaan, anda bisa mengambil arah di sebelah kanan menuju jalan Perintis Kemerdekaan, lurus terus hingga anda menyebrangijematan Kapuas dan sampai di simpang empat lamu merah, belok ke kiri di belokkan kedua menuju jalan Sultan Hamid, setelah bertemu dengan jalan Sultan Hamid anda terus saja ikuti jalan hingga mentok dan belok ke arah kiri dan sampailah anda di Jalan Budi Utomo, perhatikan kanan dan kiri anda hingga menemukan gerbang bernama Aloe Vera Center, jika anda sedikit tersesat untuk menemukan Jalan-jalan tersebut anda bisa bertanya-tanya kepada warga sekitar, atau melihat dari GPS anda.

Lalu opsi lain, jika anda menggunakan kendaraan umum, anda bisa menggunakan angkutan kota (angkot) yang berwarna putih dengan rute atau jurusan Siantan Hilir, angkot ini berangkat dari terminal Kapuas dan akan langsung sampai di Aloe Vera Center tersebut, karena rutenya memang melewati daerah jalan Budi Utomo.

Ongkos angkutan umum (angkot) dan bus kota yang harus anda keluarkan untuk menuju ke lokasi Aloe Vera Center ini juga tidak berbeda, semuanya sama saja, yaitu cukup membayar Rp 2.500,- per orangnya. Selain menggunakan kendaraan umum, anda juga bisa menggunakan taksi, untuk harganya tentu saja berdasarkan perhitungan argometer taksi tersebut, dengan seberapa jauh jarak anda dengan lokasi tujuan anda.

Wisata

Kota Pontianak memang memiliki struktur tanah gambut, hal ini juga yang mendukung suburnya pertumbuhan tanaman lidah buaya sehingga terbentuklah tempat agro wisata bernamakan pusat tanaman lidah buaya yang terkenal di kalangan anak muda hingga orang dewasa di kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat ini. 

Lidah buaya sendiri merupakan sebuah tumbuhan yang sudah sangat terkenal dan sering dimanfaatkan sarinya sejak beberapa abad yang lalu untuk berbagai macam kegunaan. Kurang lebih sudah sekitar sejak 4.000 tahun yang lalu tanaman lidah buaya ini terkenal akan nutrisinya, bahkan di Yunani katanya tanaman yang satu ini sering digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, di daerah Cina pun tanaman ini sangat di agung-agungkan karena dianggap tanaman suci, tentu saja harganya juga sangat mahal.

Pusat pembudidayaan tanaman yang aslinya berasal dari kepulauan Canari, Kawasan Afrika Utara ini telah resmi didirikan di kota pontianak pada tahun 2002 yang lalu, Pusat pembudidayaan tanaman lidah buaya ini juga berada di bawah pengawasan manajemen Pemerintah Kota Pontianak, tempat ini juga di bangun berdasarkan hasil dari kerja sama antara Pemerintah Kota Pontianak dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Kalimantan Barat, serta pasrtisipasi dari pihak BPPT Serpong, maka dari itulah tepat pembudidayaan tanaman lidah buaya atau aloe vera Center ini berjalan sangat pesat dan berhasil meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Pontianak atas kontribusi yang telah diberikannya.

Di kawasan Aloe vera Center ini kita bisa mencicipi dan bisa melihat sendiri bagaimana tanaman Aloe vera tersebut diolah menjadi tepung dan bermacam-macam jenis makanan khas seperti dodol Pontianak, Minuman sari Lidah buaya, dan berbagai macam jenis kuliner khas lainnya. Anda bisa mencicipi makanan hasil olahan tersebut ataupun menjadikannya sebagai oleh-oleh bagi orang dirumah.

Tanaman Aloe vera ini sangat baik untuk kesehatan anda, karena nutrisi dan vitamin yang terkandung didalam tanaman tersebut bermanfaat untuk mencegah berbagai jenis penyakit, khasiat lain dari tanaman ini adalah untuk menjaga kebugaran seksual anda, jadi anda akan selalu merasa segar dan fit, Manfaat lainya pasti anda semua sudah tahu, ya untuk perawat kulit dan kosmetik, bahan alami dari tanaman Aloe vera ini sangat cocok bag kulit anda yang sensitive karena disini pengolahannya alami tidak menggunakan bahan kimia berbahaya.

Tips

1. Sangat cocok jika mengejak anak atau keluarga untuk mengunjungi Aloe Vera Center ini, selain anda bisa menyaksikan bagaimana pembudidayaan tanaman lidah buaya anda juga bisa mengetahui kandungan apa saja yang dimilik oleh tanaman lidah buaya ini.

2. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh yang berbahan dasar asli sari tanaman Lidah buaya ini, selain menyehatkan, makanan ini juga sangat lezat, tidak kalah sama makanan lainnya.

Penasaran dengan ukuran lidah buaya di Aloe Vera Center ini? Jadi kenapa anda tidak mencoba berkunjung langsung, ajak teman-teman anda untuk datang, siapa tau anda mendapat bingkisan perawatan wajah hasil olahan Aloe Vera asli Potianak ini, jadi tunggu apa lagi dan sempatkan liburan anda menuju Aloe Vera Center ini.


sumber NN. 2014. Aloe Vera Center . (Online) http://jalan2.com/city/pontianak/aloe-vera-center/. Diakses : 21 Juni 2015.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment