Saturday, June 20, 2015

Taman Alun-Alun Kapuas

Taman Alun-Alun Kapuas
Taman Alun–Alun Kapuas – Objek wisata yang satu ini menjadi salah satu tempat andalan di Provinsi Kalimantan Barat, hal ini di karenakan Taman Alun-Alun Kapuas ini merupakan tempat yang paling sering di kunjungi oleh masyarakat kota Pontianak. Kapuas, tentunya sudah tidak asing lagi mendengar nama ini bukan? Ya, karena Kapuas itu sendiri adalah nama sebuah sungai, Sungai besar yang membelah kota Pontianak menjadi Pontianak Utara dan Pontianak Selatan, dan merupakan sungai terpanjang di Indonesia.

Lokasi dan Akomodasi 

Taman yang merupakan salah satu proyek ‘Waterfront City’ dari Pemerintah Kota Pontianak, dan sering disebut dengan nama Taman Alun-alun Kapuas itu sendiri terletak di Pinggiran Sungai Kapuas, Pontianak, tepatnya berada di depan kantor walikota Pontianak yakni di sekitaran Jalan Rahadi Usman. Untuk menuju ke lokasi Taman Alun-alun Kapuas ini, anda bisa memilih sendiri ingin menggunakan transportasi apa, hal ini di karenakan Taman Alun-alun Kapuas ini berada di Pusat kota Pontianak sehingga tidak akan sulit untuk menemukannya.

Jika anda memiliki kendaraan pribadi anda bisa menggunakan nya, akan tetapi jika anda memilih menggunakan kendaraan umum, anda tidak perlu khawatir, karena dikota Pontianak ini tersedia Trayek-Trayek angkutan kota yang siap melayani anda untuk menuju ke lokasi Taman Alun-alun Kapuas ini. 

Nah, jika anda menggunakan kendaraan sendiri, akan tetapi Anda bingung untuk menemukan Jalan Rahadi Usman anda bisa bertanya-tanya kepada warga sekitar, tetapi tidak akan sulit jika anda sudah berada di pusat kotanya. 

Namun, jika anda menggunakan kendaraan umum, anda bisa menggunakan angkutan kota (angkot) yang berwarna biru tua dengan rute atau jurusan Penjara-Kapuas, angkot ini berangkat dari terminal Kapuas dan berhenti setelah anda sampai di jalan Rahadi Usman, atau angkot yang berwarna biru juga dengan jurusan Penjara-Gajah mada, akan tetapi pastikanlah kepada sang supir jika angkot tersebut melintasi Jalan Pak Kasih. 

Lalu, setelah sampai di jalan Pak Kasih anda bisa sedikit berjalan ke Jalan Rahadi Usman untuk sampai ke lokasi Taman Alun-alun Kapuas, atau anda bisa menyambung angkot lain yang menuju jalan Rahadi Usman, contohnya angkot jurusan Penjara-Kapuas.

Ada juga beberapa angkot lain yang bisa anda gunakan, contohnya angkot berwarna abu-abu jurusan Pancasila ataupun angkot berwarna hijau muda jurusan Sunga jawi, bila anda sudah sampai di jalan Hasanuddin, anda berhenti dan menyambung angkot biru tua jurusan Pejara-Kapuas. Lalu, jika anda naik angkot berwarna Hijau Tua dengan jurusan kota baru, anda berhenti di jalan Gusti Sulung Lelanang untuk menyambung angkot biru tua rute Penjara Kapuas tadi. Sama hal nya jika anda naik angkot berwarna Merah muda dengan jurusan Ahmad Yani, jika sudah sampai di jalan K.H. Ahmad Dahlan, anda tinggal mencari angkot biru tua dengan jurusan Kapuas. 

Ongkos angkot yang harus anda keluarkan untuk menuju ke lokasi Taman Alun-alun Kapuas ini juga tidak berbeda, semuanya sama, yaitu Rp 2.500,- meskipun harga yang di tetapkan oleh pemerintah Pontianak sebesar Rp 2.000,- akan tetapi tidak ada supir angkot tidak ada yang mau dibayar dengan uang sejumlah demikian. Selain menggunakan kendaraan umum, anda juga bisa menggunakan taksi, untuk harganya tentu saja berdasarkan perhitungan argometer taksi tersebut, dengan seberapa jauh jarak anda dengan lokasi tujuan anda.

Taman Alun-Alun Kapuas

Wisata

Taman Alun-Alun Kapuas ini memiliki bentuk dan dekorasi yang amat tertata rapi, sehingga tempat ini sering menjadi sarana refresing bagi beberapa kalangan masyarakat umum kota Pontianak, apalagi di tambah dengan adanya air mancur yang sangat indah, dengan dikelilingi anak-anak tangga taman alun-alun Kapuas serta ditambah dengan replika Tugu Khatulistiwa yang menjadi kebanggaan masyarakat Provinsi Kalimantan barat ini. 

Taman ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu, dan sejak pertama kali di bangun hingga sekarang, Taman Alun-Alun Kapuas ini tetap menjadi ikon dari Kota Pontianak itu sendiri. 

Taman Alun-Alun Kapuas ini telah beberapa kali di renovasi, Pembangunan yang pertama telah dilakukan sekitar tahun 1999-an, lalu renovasi taman yang kedua dilakuan pada tahun 2011, dan pada tahun 2012 inipun Pemerintah kota Pontianak sedang melakukan Proyek renovasi yang ketiga, menurut beliau renovasi kali ini untuk memperluas daerah Taman Alun-Alun Kapuas, menambah beberapa air mancur lagi, serta membangun beberapa sarana dan prasarana untuk para pengunjung, hal ini bertujuan agar taman ini Semakin di kagumi para wisatawan, terutama wisatawan mancanegara.

Saat ini luas dari Taman Alun-alun Kapuas, sudah mencapai kurang lebih sekitar tiga hektar, angka tersebut sudah dua kali lipat dari luas Taman sebelumnya yang hanya berkisar kurang lebih 1,5 hektar. Masyarakat kota Pontianak juga berharap agar proyek perluasan dan pembenahan Taman Alun-Alun Kapuas ini bisa selesai di akhir tahun 2012 ini atau pada awal 2013 nanti. Sedangkan lahan yang digunakan untuk meluaskan areal Taman Alun-Alun Kapuas ini adalah lahan bekas Balai Prajurit milik Komando Daerah Militer ( Kodam ) XII Tanjungpura.

Ketika berkunjung ke sini, anda bisa mencoba beberapa kuliner khas Pontianak atau melihat aktifitas di dermaga feri di sungai Kapuas, atau mungkin anda ingin mencoba wisata di atas sungai terpanjang di Indonesia ini. Anda bisa bermain di air mancur yang di miliki taman ini sembari mencelupkan kaki anda ke air untuk merasakan dinginnya air sungai Kapuas.

Air Mancur

Tips
 
1. Manfaatkanlah kursi-kursi taman disana untuk bersantai-santai, jadi anda tidak perlu repot untuk membawa tikar dari rumah jika ingin berpiknik bersama keluarga.

2. Cicipilah beberapa kuliner khas kota Pontianak disekitar Taman Alun-alun Kapuas ini, jangan lewatkan yang satu ini karena belum tentu anda bisa menemukannya di berbagai tempat.

Bagaimana? Tempatnya menarik bukan? Anda tidak akan menyesal jika berkunjung kemari, apalagi ada mitos yang katanya jika anda menucuci muka dengan air Sungai Kapuas, maka suatu saat nanti anda akan kembali lagi ketempat itu, sama seperti legenda air mancur di Barcelona kan, Nah kenapa anda tidak mencoba membuktikan mitos itu sendiri, jadi selamat berlibur ke Pontianak.


sumber NN. 2014. Taman Alun-Alun Kapuas. (Online) http://jalan2.com/city/pontianak/taman-alun-alun-kapuas/. Diakses : 20 Juni 2015.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment