Sunday, June 21, 2015

Wisata Kuliner Sotong Pangkong

Berbicara masalah keberagaman budaya di Indonesia, tentunya akan tidak pernah habis. Berjuta keberagaman yang ada membuat Indonesia menjadi tujuan destinasi wisata para wisatawan asing. Tempat-tempat wisata yang begitu indah, ragam budaya yang selalu menginspirasi, serta kuliner khasnya membuat Indonesia dikenal baik di luar sana.
Sotong Pangkong begitu masyarakat Pontianak menyebutnya, adalah makanan khas Pontianak yang hanya ditemukan saat bulan ramahdhan, dan hari-hari tertentu saja.
Sotong Pangkong berbahan dasar sotong/cumi, yang dikeringkan , kemudian dibakar menggunakan arang. Cara penmbuatannya pun cukup unik. Sotong kering yang telah dibakar tesebut akan di pangkong(di pukul-pukul) mengunakan alat pemukul untuk menghasilkan rasa gurih dari sotong tersebut.
Makanan Khas Pontianak
Cumi kering yang siap dibakar
Untuk penyajian sendiri, sotong pangkong mengambil konsep mirip Kerupuk Basah asal kapuas halu, yaitu sotong yang telah di pangkong gurih akan dicocol dengan sambal kacang.
Kuliner Khas Pontinak
Sotong yang telah di pangkong, disandingkan dengan sambal kacang


Cara pembuatan Sotong Pangkong


Bahan:

- Cumi yang telah dikeringkan 5 ekor



Bumbu:
- Bawang merah 2 siung
- Cabe rawit 3 buah
- Kacang tanah yang telah disangrai dan digerus halus
- Sedikit cuka


Peralatan:
- Pemanggang dan arang
- Palu kayu dan alasnya untuk meletakkan sotong yang akan dipangkong Gunting untuk memotong sotong
Piring
Cara membuatnya:
- Cumi kering tadi lalu dipanggang sampai harum. Terus dipangkong (dipukul-pukul dengan palu sampe empuk). Setelah itu dipotong-potong dan masukan dalam piring.
- Untuk membuat saus atau sambalnya, haluskan semua bahan dan campur dengan cuka dan air, jangan terlalu kental.
Untuk anda yang tertarik menikmati kegurihan sotong pangkong, silahkan datang ke pontianak saat bulan Ramadhan tiba :)

sumber Petrus Andre. 2013. Sotong Pangkong, Kuliner Khas Pontianak. (Online) http://borneowisata.blogspot.com/2013/11/sotong-pangkong.html/. Diakses : 20 Juni 2015.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment